SELAMAT DATANG DI BLOG SMPN 2 JAKARTA

Rabu, 23 Mei 2012

SEJARAH SMPN2 JAKARTA


I. Berdiri
            Didirikan oleh para pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 1 november 1946, sehingga disebut sekolah perjuangan. Pada masa itu bangsa indonesia dengan gigih berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan R.I tercinta, yang akan direbut kembali oleh imperialisme Belanda.
          Siswa-siswi yang belajar disekolah tersebut pada umumnya pejuang,usia mereka pada masa itu sekitar 13-20 tahun. Karena pada zaman penjajahan Belanda maupun pendudukan Jepang, mereka tidak mendapatkan kesempatan untuk belajar di sekolah.
             Siswa -siswi pada masa itu selain belajar juga berjuang sebagai tentara pelajar ( TP )

II. Tempat atau kedudukan
            SMP Negeri 2 Jakarta di dirikan pada tanggal 1 November 1946 di Jl. Petojo, Roxy Jakarta. pada tanggal 1 Maret 1951 pindah tempat di Jl. Budi Utomo No 3 Jakarta, berdekatan dengan gedung Departemen Keuangan dan bersebelahan dengan STM 1 dan SMA 1 Jakarta. Dan disini  SMP Perjuangan di beri nama SMP Negeri 2 Jakarta dengan Kepala Sekolah Bapak R. Panji Suryohardjo.
           Karena gedung di Jl. Budi Utomo no. 3 Jakarta akan digunakan oleh Pemerintah untuk gedung praktik STM Jakarta dan kantor PGRI maka SMP Negeri 2 Jakarta, pada tanggal 17 Juli 1978 pindah di Jl. Mardani Raya No. 2 Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat.
         Pada tanggal 20 Juli 2006 pindah sementara di gedung SD Jobasin Jl. Kramat Jaya I Johar Baru, karena gedung SMP Negeri 2 Jakarta di rehab total 4 lantai oleh Pemerintah DKI dengan biaya 12 milyard.            
        Pada tanggal 17 Februari 2007 pindah kembali ke Jl. Mardani Raya No.2 karena gedung baru selesai dibangun dengan Kepala Sekolah Drs. Sutarto,MM.

III. Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Jakarta dari masa ke masa
  1. R.Panji Suryohardjo ( 1950-1954 )
  2. Sudjati Nurniati ( 1954-1955)
  3. E.P. Suling (1955-1959)
  4. Amir Hamzah (1959-1960)
  5. Lisyadi ( 1960-1962 )
  6. Drs. S.F Mangowal ( 1962-1980)
  7. Wahab Yusuf BA ( 1980-1985)
  8. Drs. Situmorang (1985-1990)
  9. Drs. Sudjito ( 1990-1998)
  10. Drs. Busro Suthamrin (1998-2002)
  11. Drs. Sutarto, MM ( 2002-2007)
  12. Dra. Hj. Mahrum Dangkua ( 1-12-2007 s/d 30-4-2008 )
  13. Drs. Sihar AMH ( 1 Mei 2008 s/d Juni 2011)
  14. Drs. Suryana ( juni 2011- sekarang )

Senin, 21 Mei 2012

Pengembangan IT


Disampaikan pada upacara bendera ( 16 Mei 2012 ) oleh Suprapto,S.Pd

Assalamualaikum, wr.wb
Puji syukur kita panjatkan kehadirat ALLAH SWT, Sholawat dan salam kita sanjungkan kepada nabi kita, Nabi Muhammad SAW.

Bapak/ ibu dan seluruh siswa yang berbahagia, tema kita hari ini yaitu tentang pengembangan IT.
IT disini bisa di terjemahkan Ilmu pengetahuan dan Teknologi ( Iptek ) atau bisa juga dikatakan Iman dan taqwa. Seharusnya antara Ilmu pengetahuan dan teknologi  serta iman dan taqwa  keduanya harus menyatu dalam diri kita, Kenapa?  karena kalau IPTEK tanpa Iman dan Takwa akan menghasilkan manusia yang sombong, manusia yang merusak tatanan kehidupan bahkan bisa lebih berbahaya yaitu teknologi yg ia kuasai bisa menjadi pembunuh atau pemusnah masal bagi kehidupan manusia dan alam.
Begitu juga sebaliknya kalau iman dan taqwa tanpa di bekali ilmu dan teknologi maka ia akan tertinggal  oleh perkembangan zaman globalisasi sekarang ini.

Bapak/ibu dan seluruh siswa yang berbahagia, Ilmu pengetahuan sangat penting bagi kehidupan manusia, maka menuntut ilmu adalah hukumnya wajib bagi kita semua, kenapa ?
Karena kesuksesan hidup di pengaruhi oleh ilmu, sering kita dengar “ Barang siapa ingin sukses di dunia maka kuasai ilmunya, barang siapa ingin sukses di akherat maka kuasai ilmunya, barang siapa ingin sukses di dunia dan diakherat maka kuasai ilmunya”
Jadi ilmu pengetahuan sangat penting, karena ilmu pengetahuan itu di ibaratkan lampu penerang ketika kita berjalan dalam kegelapan.
Maka tugas kalian semua para siswa adalah belajar dengan sungguh-sungguh, “man jadda wajadda”.
Termasuk bapak dan ibu guru kita juga tetap belajar terbukti banyak dari mereka yang melanjutkan kuliah S2.
Sering kita dengar ungkapan “ belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu, belajar di waktu tua bagi mengukir di atas air”

Bapak/ibu dan seluruh siswa. IT juga bisa di artikan information teknologi atau Teknologi informasi. Suatu bangsa atau negara yang menguasai teknologi maka bangsa atau negara tersebut pasti maju. Seperti Jepang dan Amerika.
Teknologi informasi begitu cepat berkembang saat ini,sebagai contoh dengan adanya internet maka dunia seperti ada di genggaman tangan kita.
Namun perlu kita hati-hati dengan internet, karena internet bisa saya ibaratkan seperti pisau bermata dua, di satu sisi bermanfaat di sisi lain bisa berbahaya untuk pemegangnya.
Internet juga bisa sebagai gudang ilmu, tapi sebaliknya juga internet bisa sebagai gudang maksiat yang bisa menjerumuskan penggunanya ke dalam kehancuran hidup pengguna itu sendiri. Maka tinggal tergantung kita penggunanya. Apakah bisa memanfaatkan internet sebaik-baiknya atau tidak, mari kita menggunakan teknologi itu dengan sebaik mungkin dan seramah mungkin sehingga kebaikan dan manfaat dapat kita dapatkan dari teknologi tersebut.
wassalamualaikum, wr. wb

Follow by Email